Jumat, 25 Mei 2012

Rumus-rumus Terkenal Semasa SMA


          Kali ini gua bakal nulis artikel tentang rumus-rumus yang terkenal/banyak keluar waktu SMA. sebenernya gua bukan anak SMA lagi, karna besok (26/5) adalah HARI PENGUMUMAN KELULUSAN SMA!!! (semoga angkatan gua LULUS SEMUA! Amin!)

          Jadi daripada galau mikirin besok, mending gua nostalgia dengan cara mengingat-ingat rumus yang dulu sering gua hadepin waktu sekolah (-_-) kaya ga ada topik yang lebih membosankan aja. Moga-moga gua ga ketemu mereka lagi tahun depan. Amin!




1. Rumus Trigonometri
 SIN DEMI COS SAMI TAN DESA

          Siapa yang NGGA inget kata-kata diataaas???! SAYA!

          Sebenernya ada sebaskom rumus-rumus trigonometri. Mulai dari Identitas Trigonometri, Sudut Istimewa, Rumus sudut, Rumus Sisi, bla.. blaaa bla..blaa... Tapi kayanya rumus diatas paling penting. karna kalo rumus diatas aja lu ga tau, Mau Jadi Apalo di Sekolaah...
          Sebenernya itu cuma apalan nya aja. biar gampang nginget rumus masing-masing sudut nya.
SIN DEMI. Artinya untuk mencari sudut SIN, lu harus membagi sisi DEpan, dengan sisi MIring
COS SAMI. sudut Cos= sisi SAmping dibagi sisi MIring
TAN DESA. sudut Tan=  sisi DEpan dibagi sisi SAmping





2. Diagram Aufbau
          Diagram ini kepake banget di pelajaran Kimia. Diagram ini ditemuin sama si Aufbau (yaiyalah), buat mengetahui konfigurasi elektron. Kalo pake diagram ini kita kurang lebih bisa tau kulit atom, sub kulit, sama spin dari suatu atom.Tapi sejak kapan atom punya kulit? berarti atom bisa keringetan juga #jayus







3. Rumus Efek Dopler

Fp : Frekuensi Pendengar
Fs : Frekuensi Sumber Bunyi
Vp : kecepatan Pendengar
Vs : Kecepatan Sumber Bunyi
V : Kecepatan bunyi di udara (biasanya 340 m/s)

     Ini rumus sering juga keluar waktu gw SMA. Mungkin karna ga terlalu susah jadi gampang hafalnya
Rumus ini dipake untuk mencari kecepatan sumber bunyi/ Pendengar, atau mencari frekuensi sumber bunyi atau frekuensi yang didengar pendengar. Biasanya soalnya ada hubungan nya sama mercusuar, ambulan, sirine polisi, dll. Bagi yg bingung? Makanya jangan tidur terus waktu sekolah. hhi





4. Rumus Phytagoras
         Rumus ini udah ada dari jaman gua SD, sampe SMA. Ini kayanya Rumus yang paling terkenal, di matematika ada, fisika ada, dimana-mana.
         Simpel aja, rumus ini dipake buat mencari panjang sebuah sisi segitiga siku-siku, kalo kedua sisi lainnya udah diketahui panjang nya.


           Okedeh sekian dulu. Udah pusing. Karna gw buat artikel ini sampe liat buku SMA gw
haha udah pusing-pusing, taunya cuma dapet 4 rumus. O.o
           Ora Opo lah. Selamat bernostalgia !



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar